Motor pertama kali dirakit di Jerman.
Buah tangan seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler pada 1885, pria
kelahiran Schorndorf 17 Maret 1834. Sedangkan perancang sepeda motor
sudah dimulai oleh Ernest Michaux seorang Perancis pada 1868.
Tenaga Penggerak yang dipergunakan pada waktu itu direncanakan ialah mesin uap. Proyek ini gagal, kemudian Edward Butler mencoba menyempurnakan dengan membuat kendaraan lain. Dia membuat kendaraan tiga roda dan digerakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
Akhirnya masih di tahun yang sama, Gottlieb Daimler, memperkenalkan ciptaannya berupa sepeda bermesin. Kali ini baru berhasil.
Tenaga Penggerak yang dipergunakan pada waktu itu direncanakan ialah mesin uap. Proyek ini gagal, kemudian Edward Butler mencoba menyempurnakan dengan membuat kendaraan lain. Dia membuat kendaraan tiga roda dan digerakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
Akhirnya masih di tahun yang sama, Gottlieb Daimler, memperkenalkan ciptaannya berupa sepeda bermesin. Kali ini baru berhasil.
Bagaimana pun jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat, sampai
1892 Henry Hilderband dari Munich, waktu itu masih Jerman Barat,
memperkenalkan sepeda motor model baru, yang disusul oleh Werner
Brothers pada 1897.
Selanjutnya, Daimler mengambil keputusan memproduksi mesin untuk sepeda Gottlieb Daimler. Menjelang 1883 dia menciptakan mesin dengan sistem pembakaran sempurna (tetapi bukan seperti mesin yang kita kenal sekarang) pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri.
Sepeda itu memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan. Hasilnya, mesin mampu menggerakkan roda dengan kecepatan 700-900 putaran per menit. Lebih jauh dari itu, Daimler berusaha mati-matian membuat mesin untuk sepeda, yang berarti sepeda motor pertama di dunia.
Selanjutnya, Daimler mengambil keputusan memproduksi mesin untuk sepeda Gottlieb Daimler. Menjelang 1883 dia menciptakan mesin dengan sistem pembakaran sempurna (tetapi bukan seperti mesin yang kita kenal sekarang) pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri.
Sepeda itu memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan. Hasilnya, mesin mampu menggerakkan roda dengan kecepatan 700-900 putaran per menit. Lebih jauh dari itu, Daimler berusaha mati-matian membuat mesin untuk sepeda, yang berarti sepeda motor pertama di dunia.
Comments
Post a Comment