Skip to main content

Sejarah Honda C Series dan C70

Honda C70 merupakan salah satu seri keluarga sepeda motor Honda Super Cub yang sempat malang melintang di jalanan Indonesia. Oleh para penggemarnya, kendaraan itu dijuluki si Pitung, kok bisa?
Selain varian Honda CB, sepeda motor Honda produksi lawas yang tak kalah terkenal adalah varian Honda Super Cub. Varian dengan nama alias Honda C Series itu merupakan cikal bakal bentuk motor bebek yang dipakai Honda hingga saat ini.
 
Di Indonesia, beberapa varian Honda Super Cub sempat populer pada tahun 1960-an. Varian Honda Super Cub itu adalah Honda C50, Honda C90 dan Honda C70. Dari tiga varian itu, Honda C70 menduduki varian Honda C Series terpopuler dengan jumlah pengguna terbanyak. Dengan mesin berkubikasi 70 cc, motor itu lebih akrab dipanggil dengan sebutan si Pitung. Asalnya dari kata “pitung puluh” dalam bahasa Jawa yang berarti “tujuh puluh”.



Sejarah Honda C Series dan C70

Dikutip Solopos.com dari Wikipedia dan berbagai sumber, Kamis (19/2/2015), sepeda motor Honda C70 bermula dari Honda C100 yang terlebih dahulu diproduksi tahun 1958. Pada tahun itu, Honda ingin mengembangkan varian Honda F Series dan menciptakan motor baru. Awal kemunculannya, Honda C100 mengusung mesin 50 cc.

Mendapat tanggapan positif, Honda kemudian mengembangkan model baru dengan mesin yang sama. Sepeda motor itu bernama Honda C102 dan Honda C110. Perbedaan terbesar dari kedua motor bermesin 50 cc itu terdapat pada sisi kerangka. Honda C102 memiliki kerangka seperti Honda C100 namun dengan desain jok yang lebih panjang. Sedangkan Honda C110 memiliki kerangka mirip dengan keluarga Honda CB.

Tahun 1965, Honda melanjutkan kiprah C Series dengan menetaskan Honda C50. Secara kapasitas mesin memang tak ada bedanya dengan Honda C100. Namun C50 saat itu telah menggunakan teknologi terbaru bernama overhead camshaft (ohc) dari yang sebelumnya memakai overhead valve (ohv).

Setahun berlalu, Honda kembali menambah keluarga Super Cub dengan mengeluarkan sepeda motor Honda C90 yang memiliki kapasitas mesin sedikit lebih besar dari Honda C50. Kemudian pada tahun 1966, lahirlah Honda C70 dengan kapasitas mesin motor bebek terbesar pada masa itu, yakni 70 cc.

Honda C Series di Indonesia
 
Di Indonesia, sepeda motor Honda Super Cub mulai dikenal pada tahun 1961 dengan varian Honda C100 dan C102. Membawa mesin 50 cc, kendaraan itu disebut sebagai Honda Unyil.  Kemudian antara tahun 1966 hingga 1973, Honda baru memperkenalkan C50, C90 dan C70 di Indonesia. Berbeda dari varian di Jepang,  Honda si Pitung di Indonesia memiliki headlamp yang bertengger di bagian setang.

Memasuki tahun 1980, Honda menyudahi karir C Series dengan memperkenalkan sepeda motor Honda 700 dan Honda 800 sebelum akhirnya muncul Honda Astrea Star dan Honda Prima. Desain bodi yang digunakan pada kendaraan itu merupakan pengembangan dari model Honda C Series

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Motor Norton

James Lansdowne Norton lahir di Birmingham pada tahun 1869, seorang anak pembuat lemari. Sebagai anak laki-laki ia menunjukkan bakat  pertama  pada pembuatan perangkat mekanik dan setelah menyelesaikan pendidikan magang nya  di pabrik  perdagangan perkakas perhiasan. Pada tahun 1898 ia memulai  membangun Norton Manufacturing Co untuk membuat rantai dan barang-barang lainnya untuk sepeda. Motor Norton pertama diproduksi pada tahun 1902,sepeda dengan bermesin Clement Belgia dibawah tabung depan. Motor Norton dengan mesin Peugeot memenangkan  Balap TT pertamakali  pada tahun 1907, ditunggangi oleh Rembrandt Fowler yang harus mengatasi beberapa kendala dan perubahan busi. Pada tahun 1909 ada delapan model yang ditawarkan untuk dijual, dua dengan  mesin merk lain, enam dengan mesin Norton. Harrods adalah Agen pertama di London. Norton adalah seorang insinyur yang handal dengan perjuangan nya yang gigih, akan tetapi perjalan bisnis tidak semudah yang dibayangkan, pada ta

Motor Brough Superior Yang Melegenda

George Brough with his Motorcycle Sesuai judul,akhir-akhir ini saya lagi gandrung baca-baca tentang sejarah motor-motor tercepat di tahun 1900an awal. Ngebut disaat itu memang hal yang tabu dan jarang dilakukan brosist,karena memang dulu belum banyak kendaraan dan jika ada pun hanya dibuat untuk akomodasi atau mengantar barang. Berbeda dengan George Brough,dedikasinya pada kecepatan bisa dibilang sangat mantap dan patut diacungi jempol!! di zaman yang bahkan kendaraanpun masih jarang dan masih lambat jalannya,si Brough ini sudah bisa memacu kendaraan buatannya sendiri dengan kecepatan lebih dari 100 mph atau 160 km/jam!!. Penasaran? kita lihat dulu biografinya brosist.. George Brough lahir pada tanggal 21 April 1890,di 10 Mandalay Street, Basford, Nottingham. Kecintaannya kepada motor dan kecepatan diturunkan dari Ayahnya yang juga pembuat kendaraan,William Edward Brough. William mulai membuat kendaraan di pabrik rumahannya yang terletak di Nottingham,di tahun yan