Skip to main content

Winchester 1910, Motor Tua Dengan Harga Termahal di Dunia

Para penggemar roda dua tentunya ingin memiliki sepeda motor buatan tahun 1910 seperti Winchester ini. Winchester yang juga merupakan pembuat senapan terkenal saat itu menggarap sepeda angin yang dilengkapi mesin tambahan antara tahun 1909-1911.

Melansir laman Autoevolution, Senin (12/5/2014), pada suatu acara lelang, Winchester ini laku terjual dengan harga US$ 580 ribu atau sekitar Rp 6,7 miliar (Kurs 11.530 per US$). Harga lelang tersebut ternyata menjadi harga tertinggi bagi sebuah sepeda motor saat ini.

Sepeda motor ini dibekali mesin Marsh-Metz yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 6 horse power (HP). Untuk penggeraknya, Winchester memakai belt drive yang menghubungkan mesin dan roda belakang serta tambahan pedal dan rantai untuk menggenjot sepeda motor tersebut berjalan bila sedang kehabisan bahan bakar.

Winchester diproduksi mencapai jumlah hingga 200 unit dan menjadi sepeda motor yang cukup populer dengan teknologi paling canggih pada zamannya. Tak heran bila motor ini terjual dengan harga sangat mahal karena menjadi buruan para kolektor roda dua.

Selain Winchester keluaran 1910 ini, masih ada satu unit Winchester yang tersisa yaitu keluaran tahun 1909. Sayangnya, motor tua itu tidak akan dijual oleh pemiliknya meskipun telah ditawar dengan harga US$ 520 ribu atau sekitar Rp 6 miliar.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Motor Norton

James Lansdowne Norton lahir di Birmingham pada tahun 1869, seorang anak pembuat lemari. Sebagai anak laki-laki ia menunjukkan bakat  pertama  pada pembuatan perangkat mekanik dan setelah menyelesaikan pendidikan magang nya  di pabrik  perdagangan perkakas perhiasan. Pada tahun 1898 ia memulai  membangun Norton Manufacturing Co untuk membuat rantai dan barang-barang lainnya untuk sepeda. Motor Norton pertama diproduksi pada tahun 1902,sepeda dengan bermesin Clement Belgia dibawah tabung depan. Motor Norton dengan mesin Peugeot memenangkan  Balap TT pertamakali  pada tahun 1907, ditunggangi oleh Rembrandt Fowler yang harus mengatasi beberapa kendala dan perubahan busi. Pada tahun 1909 ada delapan model yang ditawarkan untuk dijual, dua dengan  mesin merk lain, enam dengan mesin Norton. Harrods adalah Agen pertama di London. Norton adalah seorang insinyur yang handal dengan perjuangan nya yang gigih, akan tetapi perjalan bisnis tidak semudah yang dibayangkan, pada ta

Sejarah Honda C Series dan C70

Honda C70 merupakan salah satu seri keluarga sepeda motor Honda Super Cub yang sempat malang melintang di jalanan Indonesia. Oleh para penggemarnya, kendaraan itu dijuluki si Pitung, kok bisa? Selain varian Honda CB, sepeda motor Honda produksi lawas yang tak kalah terkenal adalah varian Honda Super Cub. Varian dengan nama alias Honda C Series itu merupakan cikal bakal bentuk motor bebek yang dipakai Honda hingga saat ini.   Di Indonesia, beberapa varian Honda Super Cub sempat populer pada tahun 1960-an. Varian Honda Super Cub itu adalah Honda C50, Honda C90 dan Honda C70. Dari tiga varian itu, Honda C70 menduduki varian Honda C Series terpopuler dengan jumlah pengguna terbanyak. Dengan mesin berkubikasi 70 cc, motor itu lebih akrab dipanggil dengan sebutan si Pitung. Asalnya dari kata “pitung puluh” dalam bahasa Jawa yang berarti “tujuh puluh”. Sejarah Honda C Series dan C70 Dikutip Solopos.com dari Wikipedia dan berbagai sumber, Kamis (19/2/2015), se

Motor Brough Superior Yang Melegenda

George Brough with his Motorcycle Sesuai judul,akhir-akhir ini saya lagi gandrung baca-baca tentang sejarah motor-motor tercepat di tahun 1900an awal. Ngebut disaat itu memang hal yang tabu dan jarang dilakukan brosist,karena memang dulu belum banyak kendaraan dan jika ada pun hanya dibuat untuk akomodasi atau mengantar barang. Berbeda dengan George Brough,dedikasinya pada kecepatan bisa dibilang sangat mantap dan patut diacungi jempol!! di zaman yang bahkan kendaraanpun masih jarang dan masih lambat jalannya,si Brough ini sudah bisa memacu kendaraan buatannya sendiri dengan kecepatan lebih dari 100 mph atau 160 km/jam!!. Penasaran? kita lihat dulu biografinya brosist.. George Brough lahir pada tanggal 21 April 1890,di 10 Mandalay Street, Basford, Nottingham. Kecintaannya kepada motor dan kecepatan diturunkan dari Ayahnya yang juga pembuat kendaraan,William Edward Brough. William mulai membuat kendaraan di pabrik rumahannya yang terletak di Nottingham,di tahun yan