James Lansdowne Norton lahir di Birmingham pada tahun 1869, seorang
anak pembuat lemari. Sebagai anak laki-laki ia menunjukkan bakat
pertama pada pembuatan perangkat mekanik dan setelah menyelesaikan
pendidikan magang nya di pabrik perdagangan perkakas perhiasan. Pada
tahun 1898 ia memulai membangun Norton Manufacturing Co untuk membuat
rantai dan barang-barang lainnya untuk sepeda. Motor Norton pertama
diproduksi pada tahun 1902,sepeda dengan bermesin Clement Belgia dibawah
tabung depan. Motor Norton dengan mesin Peugeot memenangkan Balap TT
pertamakali pada tahun 1907, ditunggangi oleh Rembrandt Fowler yang
harus mengatasi beberapa kendala dan perubahan busi. Pada tahun 1909 ada
delapan model yang ditawarkan untuk dijual, dua dengan mesin merk
lain, enam dengan mesin Norton. Harrods adalah Agen pertama di London.
Norton adalah seorang insinyur yang handal dengan perjuangan nya yang
gigih, akan tetapi perjalan bisnis tidak semudah yang dibayangkan, pada
tahun 1913 norton berada diambang kebangkrutan ketika RT Shelley &
Co, kreditur modal utama masuk. Norton Motors Ltd kemudian dibentuk.
Bertempat di Brooklands didirikan pusat dan riset pengujian kecepatan.
RT Shelley & Co dalam hukum adalah ace tuner Dan O’Donovan mesin
baru dikirim bersama untuk dilakukan pengujian oleh dia, dalam Rolling
chassis dikenal sebagai ‘Old Miracle’, pemegang banyak rekor kecepatan
dan sampai sekarang masih disimpan di museum. Mesin yang diuji tidak
untuk dijual sampai diperoleh performa yang tepat. Motor Norton
mendapatkan kontrak dengan pemerintah pada waktu Perang dunia 1 untuk
memasok mesin untuk tentara Rusia pada tahun 1916, dan pabrik norton di
pindah ke tempat yang lebih besar di Bracebridge Street, Aston. Yang
terkenal Norton logo dibuat sekitar waktu ini.
Pada awal 1913, Norton telah merancang mesin dengan katup udara
dengan operasi desmodromic, tapi tidak sampai 1922 motor norton
menghasilkan mesin OHV pertamanya, Model 18 sebagai salah satu motor
norton single tercepat . Pada 1923 Maudes Trophy diperoleh untuk pertama
kalinya ketika motor Norton Model 18 memecahkan rekor dunia delapan
belas di Brooklands, ditunggangi oleh sebuah tim yang terdiri dari
O’Donovan, Bert-tiba dan Nigel pada musim semi. Piala itu terus
dipertahankan selama tiga tahun setelah prestasi serupa kecepatan dan
daya tahan.
Dengan 1.924 nama model yang akrab lainnya seperti 16H dan Model 19
telah diperkenalkan, yang terakhir versi 588cc Model 18. Mereka juga
memiliki OHV prototipe 250cc akan tetapi tidak pernah diproduksi karena
tidak memenuhi kriteria pasar pada waktu itu. Alec Bennett memenangkan
Balap TT Senior dengan OHV Norton, rata-rata lebih 60mph untuk pertama
kalinya.
James Norton meninggal pada 1925 pada usia 56, meskipun penampilan
kebapakan di foto dengan rambut perak dengan kacamata berbingkai kawat
memberi kesan jauh lebih tua. Dia dihormati di seluruh industri karena
kemampuannya rekayasa dan integritas. Sesaat sebelum kematiannya ia
telah mengambil liburan panjang di Afrika Selatan atas saran dari dokter
dan dari kondisi jalan ia melihat ada ekspor atau model ‘kolonial’
diberi ground clearance yang lebih tinggi bersama dengan berbagai
modifikasi yang sesuai lainnya.
Sementara itu, di trek balap Eropa,Motor Norton yang membangun
Kekuatan industri mereka yang harus diperhitungkan, memenangkan banyak
balapan. Motor Norton memperkenalkan tangki bensin jenis pelana pada
mesin balap mereka.type ini menunggu satu atau dua tahun baru
diluncurkan, tetapi pada 1926 di London memperkenalkan,Mesin dengan
empat gearbox kecepatan dan rem memperluas internal yang berada
perlengkapan standar pada beberapa model bersama dengan pelumasan
otomatis drive primer rantai. Perusahaan ini secara finansial
direkonstruksi sepanjang tahun dan nama berubah menjadi Norton Motors
(1926) Ltd Seorang Irlandia muda bernama Stanley Woods memenangkan
balap TT 1926 Senior dengan Motor Norton, tetapi untuk tujuan balap
mesin pushrod sudah mulai di tinggalkan dan digantikan oleh teknologi
baru.
The Walter Moore merancang mesin overhead camshaft mempertahankan
Norton dimensi klasik 79 dengan 100mm tapi kesamaan berakhir di sana.
Drive dari crankshaft diambil melalui serangkaian bevels, situ oleh
poros vertikal tertutup untuk cambox melalui set bevel lain. Cambox itu
melesat ke kepala silinder dan katup dikembalikan oleh coil
springs.Frame baru juga diperkenalkan, tipe cradle dengan atas tunggal
dan depan ke bawah tabung. Pipa knalpot di sebelah kiri mesin, praktek
Norton pada saat itu. Pada tahun 1928 frame baru juga digunakan untuk
rumah mesin pushrod dengan model ES2. Ada beberapa spekulasi dalam
beberapa tahun terakhir seperti apa ES berdiri.
Walter Moore meninggalkan Norton pada tahun 1929 yang pindah ke
Produsen NSU di Jerman. Dia secara pribadi memiliki desain mesin OHC
sehingga tidak mengherankan ketika NSU mulai memproduksi mesin yang
sangat mirip beberapa waktu setelahnya. Motor Norton tidak senang dengan
hal ini, setelah merekrut Arthur Carroll untuk mendesain ulang mesin
OHC. Motor Norton menghasilkan apa yang menjadi salah satu mesin balap
paling dominan sepanjang masa dengan karir berkilauan yang berlangsung
selama dua puluh lima tahun ke depan walaupun sesekali ada perlawanan
oleh Velocette, Guzzi, Gilera dan BMW.
Comments
Post a Comment